Cara Mudah Cegah Karat di Kolong Mobil

Mobil baru yang dibeli berasal dari diler sebetulnya tidak terbebas berasal dari karat, lebih-lebih bagian kolong mobil. Padahal sebelum dijual ke konsumen, baik sasis maupun body mobil telah dilapisi Anti Karat Mobil Bintaro terhadap langkah perakitan mobil di pabriknya.

Seperti dijelaskan Alphany Septan, Marketing Communication PT Terang Parts Indonesia (Protera), karat mobil yang keluar lebih-lebih di kolong mobil dapat timbul sebab benturan kerikil atau batu terhadap permukaan kolong mobil, supaya mengakibatkan ‘luka’ yang terbuka dan akibatnya lama kelamaan terjadi karat.

“Iya jadi banyak luka di kolong mobil yang jika didiamkan justru jadi karat, nah itu dapat menular termasuk sebenarnya, pas lukanya itu terbuka, kan air masuk tuh nah berasal dari situ airnya nyebar dan buat karat akhirnya,” paham Alphany selagi kumparanOTO menyambangi booth-nya yang berlokasi di hall D3 tertentu prefunction JIExpo Kemayoran, didalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

“Itu umumnya di kolong mobil di sasisnya, kap mesin, serupa panel pintu karatnya pasti ada,” Alphany menambahkan.

Menurutnya lagi, mobil-mobil yang terparkir di diler justru berpotensi punyai karat yang berlebih di kolongnya. Hal ini disebabkan sebab mobil berikut umumnya terparkir terhadap lahan yang terbuka, supaya panas matahari maupun air hujan konsisten menerus menyentuh permukaan mobil.

“Justru stok mobil yang kembali terparkir itu yang berpotensi berkarat, sebab kan dijemur terik matahari, hujan-hujanan juga, apalagi air hujan itu zat asamnya yang paling berbahaya penyebab karat lama kelamaan nempel itu ngikis cat selanjutnya buat karat. Dampaknya kalo enggak diurus dapat buat bolong lho,” ujarnya.

Meski begitu, menurutnya telah banyak penduduk yang paham kasus tersebut, supaya menentukan untuk melapisi mobil kesayangannya bersama dengan cairan Anti Karat Mobil Bintaro yang banyak disajikan di pasaran untuk menambahkan proteksi yang lebih.

Adapun, sering kali didatangi pelanggan yang punyai mobil baru atau mobil yang telah lama dipakai untuk melapisi mobilnya bersama dengan Anti Karat Mobil Bintaro.

Urusan biaya, pelapisan Anti Karat Mobil Bintaro besutan Protera dibanderol terasa berasal dari Rp 2-3 juta bergantung ukuran mobil dan ada problem (celah-celah). Sedangkan lama pengerjaan memakan selagi 3-4 jam untuk mobil baru, dan 2 hari untuk mobil yang telah dipakai sebab kudu merontokkan karatnya lebih-lebih dahulu bersama dengan cairan tertentu sebelum disemprot bersama dengan Anti Karat Mobil Bintaro. Khusus gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Protera menambahkan potongan harga sampai 20 persen untuk setiap pembelian paket proteksi.

Setelah itu apakah tersedia langkah perawatan supaya Anti Karat Mobil Bintaro awet melekat di mobil?

Jawabannya tidak. Alphany menegaskan, andaikata telah dilapisi Anti Karat Mobil Bintaro, tidak tersedia perlakuan tertentu untuk memelihara Anti Karat Mobil Bintaro selamanya awet.

“Enggak tersedia kok, mobil sudi dicuci steam, lewat banjir atau panas-panasan enggak masalah. Soalya kan cairan Anti Karat Mobil Bintaro itu langsung mengikat ke permukaan mobil, dan emang gunanya kan buat pencegahan karat. Jadi cepat kering termasuk kok sesudah disemprot, mobil dapat langsung dipakai,” tutur Alphany.